Minggu, 20 Desember 2020

PGP-1-Kabupaten Bone-Andi Muswar-1.3-Aksi Nyata

 

  • Latar belakang tentang situasi yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak
Adanya beberapa siswa yang kurang memiliki motivasi belajar karena penyajian pembelajaran yang kurang menarik. Sehingga saya berinisiatf untuk mengarsipkan beberapa File seperti Tujuan pembelajaran, Materi dan Tugas Siswa dikemas dalam sebua laman Blog.
  • Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan, berikut alasan mengapa melakukan aksi tersebut 
Pada Aksi nyata ini saya akan melakukan beberapa tahapan sebagai berikut :
  1. Rapat bersama kepala sekolah dan seluruh guru mapel dan memaparkan tujuan yakni materi, tujuan pembelajaran dan tugas setiap pertemuan dikemas dalam satu file yang dapat diakses kembali..

  2. Guru menyatukan file setiap pertemuan dan mengupload file tersebut dalam Blog atau pada onedrive yang dapat diakses secara online.

  3. Wali kelas memantau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan memantau kesulitan siswa.

  4. Refleksi dari kegiatan ini.

Hal tersebut saya lakuakan agar siswa yang mengalami keterlambatan dalam memahami materi bisa mengakses kembali materi yang telah mereka pelajarari sebelumnya melalui internet.
  • Hasil dari Aksi Nyata yang dilakukan 
Siswa merasa terbantu dalam memahami materi yang mereka lewatkan sebelumnya.
  • Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan (kegagalan maupun keberhasilan)
Keggagalan yang saya alami  yakni adanya beberapa siswa yang memiliki keterbatasan data internet sehingga mereka tidak bisa mengakses materi tersebut. Kelebihannnya yakni meskipun kegiatan pembelajaran sudah berlalu, siswa masih dapat mengakses materi belajar mereka.
  • Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang.
Fasilitasi data internet siswa yang bersumber dari Dana Sekolah atau siswa dapat berbagi gadget pada teman sekelas mereka.
  • Dokumentasi proses dan hasil pelaksanaan berupa foto-foto  singkat berikut caption/narasi singkat nya. 

Tampilan  Blog yang dapat diakses siswa untuk membantu mereka dalam memahami materi.

Foto beberapa siswa yang mengakses kembali materi pelajaran dalam bentuk gile melalui gadget mereka










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi 3.1.a.8